Mulai Malam Ini Coba Rebus Daun Binahong dan Minum Airnya Hangat-hangat, Jangan Kaget Rasakan Efek Luar Biasa Ini Besok Pagi

Nama tanaman binahong pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk Anda yang belum kenal dengan binahong, tanaman ini memiliki batang daun yang pendek dengan daun hijau berbentuk hati.

Biasanya binahong dibudidayakan dengan menanam biji atau bagian akarnya dan akan tumbuh merambat. Dari seluruh bagiannya, daun binahong yang kerap diolah menjadi obat herbal. Anda pun dapat membuatnya sendiri dengan cara merebus daun binahong dan meminum air rebusannya. Air rebusan daun binahong ini jika rutin dikonsumsi ternyata bisa membawa efek luar biasa bagi tubuh, loh.

Manfaat Daun Binahong

Melansir Tribunnewsmaker.com dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya Drs. H. Arief Hariana, daun binahong mengandung flavoid, saponin, asam askorbat, dan protein. Daun binahong juga memiliki efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Dengan begitu, daun binahong efektif mempercepat penyembuhan luka, meregenerasi sel kulit mati hingga menangkal paparan radikal bebas. Tanaman merambat yang terkenal sebagai bahan obat herbal ini memiliki kandungan flavonoid yang mampu mencegah risiko kanker, risiko hipertensi hingga diabetes.

1. Menambah nafsu makan

Manfaat daun binahong salah satunya yakni bisa menjadi penambah nafsu makan. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda pertama-tama rebus lima lembar daun binahong menggunakan dua gelas air. Setelah rebusan selesai, minum air tersebut satu kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Mengatasi maag

Saat maag, perut pasti tidak merasa nyaman. Namun daun binahong bisa mengatasinya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meminum ramuan daun binahong. Cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air hingga mendidih. Kemudian tiriskan dan minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

3. Mengobati gagal ginjal

Daun merambat ini dipercaya efektif mengobati gagal ginjal. Ada resep untuk membuat ramuan daun binahong ini. Anda perlu merebus 10-15 gram daun binahong segar. Cukup rebus dengan air sebanyak satu gelas saja. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut. Anda bisa minum ramuan itu tiga kali dalam sehari. Waktu mengonsumsinya lebih baik sebelum makan.

4. Mengobati darah rendah

Bagi penderita darah rendah yang enggan mengonsumsi obat kimia, daun binahong bisa menjadi alternatifnya. Ini karena, daun binahong bermanfaat mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

5. Mencegah kanker

Daun binahong ternyata memiliki khasiat sebagai pencegahan penyakit kanker. Dari buku berjudul Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) karya Astrid Savitri, daun tanaman rambat ini mampu menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini karena daun binahong kaya akan antioksidan. Zat ini dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker. Demi bisa merasakan manfaatnya, Anda cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari. Pastikan diminum secara rutin.

Efek samping binahong

Daun binahong memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, seperti yang dikutip dari kontan.co.id, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi daun binahong secara berlebihan. Sebab, mengonsumsi daun binahong terlalu banyak bisa merugikan tubuh. Seperti kepala pusing, sulit buang air kecil, jantung berdebar, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, mual, muntah, dan insomnia.

Cara Membuat Tumis Daun Binahong

Cara menumis daun binahong sangat mudah, cukup menggunakan bumbu sederhana. Tidak perlu menambahkan bahan masakan lain. Bumbu yang perlu kamu siapkan adalah bawang putih, cabai, kecap ikan, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan lada.

Bahan:

  • 2 ikat binahong, ambil daunnya saja
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 1 cabai kriting potong serong
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm kecap mani
  • 1/2 sdt garam 1/4 sdt gula
  • 1/2 sdt lada
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat tumis daun binahong:

1. Tumis bawang putih dengan minyak hingga wangi. Tambahkan irisan cabai merah.Tumis sampai harum.
2. Masukkan daun binahong yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumis sebentar.
3. Tambahkan saus tiram, minyak wijen, kecap manis, kecap ikan, garam, gula, lada, dan penyedap rasa.
4. Tumis daun binahong dengan bumbu sampai matang.sajikan selagi hangat dengan nasi putih.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.