Belum Cukup Cuma Pakai Tepung, Bakwan Bisa Renyah dan Tidak Lembek Harus Ditambah Air ini, Pedagang Gorengan Saja Gak Tahu

Siapa yang suka makan bakwan. Bakwan menjadi salah satu gorengan yang paling disuka. Tak sedikit yang memborong bakwan dalam jumlah banyak dari pedagang gorengan. Bahkan bakwan sendiri kerap dimasak untuk jadi camilan keluarga.

Meski terlihat mudah, tentunya memasak bakwan tidak mudah. Mulai dari berminyak sampai gampang lembek kerap ditemukan dalam menggoreng bakwan. Agar terhindar masalah tersebut, coba tambahkan air ini saat membuat bakwan.

Cara Membuat Gorengan Renyah

Salah satu ciri khas gorengan entah itu bakwan, tempe, tahu ataupun jenis gorengan lain adalah sensasi renyah dan krispi saat dimasak. Apalagi jika baru matang, sensasi panas saat menyantapnya membuat gorengan seolah menjadi candu.

Tapi sayang jika membuat gorengan di rumah, sensasi renyah ini cepat hilang jika gorengan sudah disimpan lama. Nah adonan tepung berperan penting agar gorengan lebih renyah. Bisa dibuat adonan untuk celupan bahan makanan atau sebagai tepung kering pelapis luarnya.

Untuk membuat gorengan renyah ini ternyata salah satunya menambahkan air soda. Tapi bukan air soda yang mengandung gula ya. Air soda yang dimaksud adalah air soda tawar.

Meski tidak lazim dilakukan, ternyata menambahkan air soda tawar bisa membuat gorengan renyah.

Adonan tepung yang biasa digunakan untuk membalut ikan, onion rings, kentang, tempura atau ayam, ternyata akan menjadi lebih gurih, garing, dan renyah jika dicampurkan dengan air soda tawar.

Gunakan air soda yang jumlahnya setara dengan tepung terigu dalam adonan. Anda bisa mengganti air untuk menguleni adonan dengan air soda tawar. Jika tidak ada air soda tawar, Anda bisa menggantinya dengan baking soda.

Baking soda (sodium bicarbonate) dapat membantu membentuk tekstur renyah. Pada saat pemanasan, baking soda akan melepaskan karbon sehingga terbentuk struktur yang tidak terlalu kuat (renyah).

Namun, baking soda rentan terhadap panas. Karena itu, suhu adonan harus dijaga agar tetap dingin. Sebaiknya gunakan air es untuk membuat adonan agar fungsi baking soda tidak rusak. Pengadukan yang terlalu lama menyebabkan gelembung terlalu banyak sehingga adonan menjadi lemah saat digoreng. Selain itu, hasil gorengan akan mekar, tetapi mudah berkerut dan tidak renyah.

Cara Mencampur

Campur bahan kering terlebih dahulu seperti tepung, garam, dan bumbu kering. Kemudian aduk rata. Setelah rata tuang bahan air atau menggunakan air soda.

Dengan demikian semua bahan dapat mudah tercampur rata.

Gunakan ballon wisk untuk mencampur adonan dan jangan diaduk terlalu lama agar tidak membuat gelembung udara semakin banyak dan hasil gorengan kempis dan membuat gorengan lebih renyah.

Nah itu tadi tips membuat gorengan renyah yang agar tidak mudah mlempem.

Selamat mencoba

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.